Halo gan, posting lagi nih kita. Kali ini ane mau berbagi sedikit tips buat para pecinta motor trail khususnya Kawasaki klx 150 baik versi lama maupun versi terbaru. Berdasarkan pengalaman ane nih yang udah pernah nyobain ni motor, apalagi kebetulan ane hoby banget main main kepuncak gunung hehe. Buat motor klx yang masih original alias asli memang diperuntukan untuk dual purpose, kalo untuk dijalan raya it oke gan,, mumpuni, tapi kalo untuk sering dibawa main ke gunung aliaas ngetrail, weleh weleh,,, masih agak kurang.
Ya, mungkin karena diperuntukan dual purpose ya, jadi pabrikan kawasaki sudah memperhitungkan segalanyan agar enak di kendarai. Ane ada pengalaman nih, pada waktu itu om ane beli klx terbaru kawasaki 150BF, tampilan sudah keren,design striping motor klx nya sudah bagus. Lalu ane pake test drive ke gunung sekitaran bogor tepatnya di hambang. Saat dipakai di trek landai becek berbatu biasa memang oke lah, tetapi sedikit ane bawa ke trek menanjak berbatu becek, nah disinilah mulai berasa.
1. Tenaga yang dihasilkabenarnya lumayan besar, cuma mungkin karena ini motor dual purpose jadi kalo menurut ane dibagian rasio dibuat tidak terlalu low, dengan bawaan gear set aslinya masih terasa sangat kurang
2. Sentakan koplingnya terlalu soft, jadi kalo menurut ane nih, kalo kita pake buat trek trek lumayan ekstreme agak pr juga , karena menurut informasi nih, banyak kejadian di trek kampas kopling klx sering jebol (sebenrnya sh gimana jokinya juga sih hehe)
3. Dibagian karburator juga sering bermasalah, apalagi kalo kita lagi gass digunung tiba tiba motor jatuh, inisering banget susah untuk hidupin kembali motornya, alias brebet, dikarenakan karburator bawaanya memang mash vakum
4. Nah dibagian cdi nih gan, memang bt juga yah, kalo kita lagi asik asik nikmatin trek nanjak, apalagi lumayan ekstreme, tiba tiba limit dri cdi itu berfungsi, alhasil laju putaran mesin terhambat, karena limit.
nah ane ada sedikit tips buat cara ngatasin supaya motor klx 150 agan agak sedikit gahar di tarikan,
1. ganti cdi atau pengapian, apapun itu yang kalo bisa plug and play ya, dan no limit, ane sih rekomendasi pake CDI BRT DUAL BAND. Cdi ini menurut ane sih lumayan bandel, awet, dan pastinya no limit, jadi motor agan ga bakalan lagi tuh dibatasi putaran mesinya karena limit, memang sih dari segi keamanan mesin hilang, cuman ya ga begitu pengaruh banget sih menurut ane.
2. Ganti per kopling pake punya tiger gan, ada 4pc kisaran 60ribuan, biar lebih sedikit responsive hentakanya
3. kalo agan punya budget lebih, ganti karburator aslinya gan, pake karbu pe 28, kalo bisa yang ori yah (lumayan mahal)
4. bagian gear depan ganti pake punya kaze 13, buat memaksimalkan tarikan bawah gan, bagian belakang gaperlu sih, udah cukup
5. knalpot ganti racing gan, buat memaksimalkan performa simotor, mau yang mahal atau murah, selera dan isi budget memadai hehe.
6. Nah yang terakhir agan pasangin deh striping motor, atau decal untuk motor klx, biar makin gacor, eh gagah hehe,
Oke gan, mungkin sedikit tips dan informasi dari pengalaman ane, semoga bermanfaat, yah walaupun info nya sdah banyak yang tahu, paling tidak yang belum tahu jadi tahu hehe. ditunggu postingan elanjutnya yah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar